wvsOdYmDaT9SQhoksZrPLG0gYqduIOCNl12L9d9t
Bookmark

Hata Batak

Hata Batak


Hata dalam bahasa Batak berarti kata, perkataan, pembicaraan, percakapan dan bahasa. Jika digabung dengan kata Batak (hata Batak) maka akan berarti bahasa Batak. Namun dalam hal ini tidak hanya bahasa Batak saja yang akan dibahas tetapi perkataan tentang Batak itu sendiri. Perkataan mengenai budaya Batak, segala yang berkaitan dengan budaya Batak akan dibahas dalam hal ini. Batak punya beragam nilai-nilai budaya dan kekayaan adat, meliputi tradisi, bahasa, kekerabatan, sistem kehidupan dan masih banyak lagi. Hal itu semualah yang akan dibahas dalam Hata Batak ini.

Hata Batak diberi motto "Baliga ma binaligahon, barita ma binaritahon."

Dalam kebudayaan Batak salah satu kekayaan Batak itu adalah budaya pertenunan dengan tujuan untuk memproduksi kain yang dalam bahasa Batak disebut sebagai Ulos yang digunakan dalam keseharian orang Batak, baik dalam acara adat maupun di dalam kehidupan sehari-hari (karena pada masa itu belum ada pakaian seperti pada masa sekarang ini). Dalam memproduksi ulos ada alat-alat yang digunakan, salah satu dari alat itu adalah baliga. Baliga adalah sisir pada perkakas tenun. Alat yang terbuat dari pelepah daun (hodong) enau dan digunakan untuk memepatkan benang tenunan. Baliga itu esensinya adalah untuk digunakan sesuai dengan fungsinya sebagaimana disebutkan di atas. Jika tidak demikian maka pada dasarnya tidak bisa disebut sebagai baliga sesuai dengan fungsinya. Upaya menggunakan baliga itulah yang disebut binaligahon artinya memungsikan baliga itu sebagaimana adanya. Begitulah seharusnya.

Dalam kalimat selanjutnya dikatakan "barita ma binaritahon."
Dalam bahasa Batak kata "barita" berarti berita, kabar dan pesan. Dalam hal ini budaya Batak punya beragam budaya dan tradisi yang sangat kaya dan memiliki pesan-pesan dan nilai-nilai di dalamnya. Namun untuk masa seperti sekarang ini sangat tipis sekali dibahas dan didalami budaya dan tradisi Batak sehingga pesan-pesan yang terkandung di dalamnya sangat jarang diketahui. Dalam hal inilah "Hata Batak" berusaha untuk mendalami dan ingin nenyampaikan nilai dan pesan yang terkandung dalan budaya dan tradisi Batak. Sama seperti "baliga" di atas pesan itu akan benar-benar menjadi pesan dan memberikan pesan kepada orang lain jika "binaritahon" (diberitakan/ disampaikan). Maka hal itulah yang akan dilakukan oleh Hata Batak untuk memberitakan pesan yang terkandung dalam budaya dan tradisi Batak. Sehingga budaya Batak itu dibumikan kembali dalam kehidupan masyarakat Batak. 

Kiranya Hatak Batak ini dapat menginspirasi dan mengedukasi kita semua tentang budaya Batak. Horas, Horas, Horas!

Untuk mendapatkan info lebih dalam lagi silahkan follow akun Ig kami @hatabatak1 dan subscribe channel You Tube kami Timothy Napitu Inc. di www.youtube.com/timothynapituinc/ untuk mengetahui video-video seputar budaya Batak dan dapat juga dilihat dalam blog kami www.timothy-napituinc.blogspot.com.
Posting Komentar

Posting Komentar