wvsOdYmDaT9SQhoksZrPLG0gYqduIOCNl12L9d9t
Bookmark

Renungan Harian 15 Januari 2024 - Menuruti Firman Allah

Renungan-Harian-15-Januari-2024-1-Yohanes-2-ayat-5-Menuruti-Firman-Allah
Bacaan: 
Tetapi barangsiapa menuruti firman-Nya, di dalam orang itu sungguh sudah sempurna kasih Allah; dengan itulah kita ketahui, bahwa kita ada di dalam Dia. 
1 Yohanes 2:5 

Menuruti firman Allah merupakan hal yang harus dilakukan oleh orang percaya. Ketika seseorang mengakui dirinya sebagai orang percaya, maka ia harus hidup menurut kehendak Allah. Tidak bisa seseorang mengakui dirinya sebagai pengikut Kristus jika ia tidak hidup menurut ajaran Kristus. Itu sama saja dengan menipu diri sendiri. Sebab ia tahu yang baik tapi tidak melakukannya (lihat Yakobus 4:17). 

Yohanes dalam perikop ini (lihat 1 Yohanes 2:1-6) berbicara tentang Kristus sebagai pengantara kita dengan Allah Bapa. Ia mengingatkan agar orang Kristen jangan berbuat dosa lagi. Namun jika seorang berbuat dosa kita mempunyai seorang pengantara kepada Bapa, yaitu Yesus Kristus yang adil. Dialah yang menjadi pendamaian atas semua dosa-dosa kita, bahkan untuk seluruh dunia (lihat 1 Yohanes 2:1-2). Ia rela datang ke dunia dan memperkenalkan kerajaan Allah kepada manusia dan mati di kayu salib untuk menebus dosa-dosa manusia. Itulah sebabnya kita bisa mengenal Allah, sebab Allah telah memperkenalkan diri-Nya dan menebus dosa manusia. Oleh sebab itu, kita yang sudah ditebus oleh Kristus yang mengenal Allah, harus hidup sesuai dengan karya penyelamatan Allah itu. Harus hidup sesuai dengan perintah-perintah Tuhan (lihat 1 Yohanes 2:3-4). 

Siapa yang mengenal Allah tapi tidak menuruti perintah-Nya dan tidak hidup sesuai dengan kehendak Allah, dia adalah pendusta dan tidak ada kebenaran di dalam dirinya. Tetapi barangsiapa yang menuruti firman Allah, di dalam dia sudah sempurna kasih Allah, dengan itu kita ketahui bahwa kita ada di dalam Dia (lihat 1 Yohanes 2:5). 

Mengapa dikatakan orang yang menuruti firman Allah di dalam dia sudah sempurna kasih Allah? Ketika kita menuruti firman Allah dan melakukannya, maka Tuhan akan berkenan kepada kita dan akan memberkati kita. Ketika kita diberkati oleh Tuhan, itulah kehidupan yang sangat membahagiakan. Tidak ada yang lebih sempurna dari pada kasih dan berkat Tuhan yang sudah benar-benar nyata bekerja dalam hidup manusia. 

Advertisement - Scroll untuk terus membaca postingan.

Dengan kasih Tuhan yang sempurna itulah kita ketahui bahwa kita ada di dalam Dia. Ketika kasih Allah nyata bekerja dalam hidup kita, maka di situ kita tahu bahwa kita ada di dalam Dia, sebab kita diberkati oleh-Nya. Orang yang diberkati oleh Tuhan adalah orang yang tinggal di dalam Tuhan, yang melakukan kehendak-Nya, tidak mungkin orang yang tidak menuruti dan menghidupi fiman-Nya diberkati oleh-Nya. Namun ketika kita menuruti firman-Nya, berkat-Nya akan nyata dalam hidup kita. Itulah yang menjadi pertanda bahwa kita ada di dalam Dia. Barangsiapa yang mengaku dan hidup di dalam Dia, maka kehidupan akan ada pada-Nya, sama seperti Kristus juga telah hidup (lihat 1 Yohanes 2:6). Orang yang hidup di dalam Tuhan pasti akan beroleh kehidupan. 

Nas renungan hari ini mengingatkan kita bahwa sangat penting untuk menuruti firman Allah. Itulah yang menandakan bahwa kita mengikuti-Nya dengan setia. Agar bisa menuruti firman Allah tentu kita harus mengetahuinya. Sebab bagaimana mungkin kita mau menurutinya jika kita tidak tahu firman Allah? Artinya kita harus belajar dan memahami firman Tuhan di dalam hidup kita dan melakukannya. Karena itu kita harus selalu bergiat mempelajari firman Tuhan dan kehendak-Nya di dalam hidup kita. 

Kita juga tidak bisa melakukannya sendiri, hanya dengan mengandalkan kekuatan kita sendiri. Kita perlu kekuatan yang dari Allah. Kita diingatkan bahwa Tuhan akan selalu memberkati setiap orang yang menuruti firman-Nya, baginya kasih Allah itu sempurna. Semoga firman Tuhan ini menginspirasi kita untuk selalu menuruti firman Allah di dalam hidup kita sepanjang hari. Tuhan menyertai kita sekalian. Amin. (tps) 


Selamat menjalani kehidupan. 

Doa: 
Ya Tuhan, Maha Pengasih, yang selalu menyertai kehidupan kami. Terima kasih atas segala berkat yang Kauberikan kepada kami hingga saat ini. Terima kasih telah mengingatkan kami agar menuruti firman Allah di dalam kehidupan kami. Ajari kami ya Tuhan agar kami bisa menuruti firman-Mu di dalam kehidupan kami. Kami yakin dan percaya, Tuhan akan menguatkan kami untuk menuruti dan melakukan firman Allah di dalam hidup kami. Terpujilah nama-Mu sampai selama-lamanya. Amin. 

Ditulis oleh Vic. Pdt. Timothy Saragi 
HKI Immanuel - Magetan, Jawa Timur 

Catatan: 
Semua iklan yang terdapat pada website dan tulisan ini tidak ada hubungannya dengan timothysaragi.com. 

Dapatkan update artikel terbaru dari timothysaragi.com. Mari bergabung di Channel Telegram "timothysaragi.com Artikel Update", caranya klik link https://t.me/timothysaragicomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. 


Posting Komentar

Posting Komentar